Skip to main content

Nyata dalam tiap pelayanan ada tantangan - Pudjianto P



NYATA: SETIAP PELAYANAN ADA TANTANGAN
II Timotius 4:9-18

Siapapun yang pernah terlibat dalam pelayanan, pasti mengalami apa  yang disebut tantangan. Dan tantangan itu pada intinya bertujuan untuk menghambat, merusak, bahkan yang terakhir menghancurkan.  Dalam  tulisan Paulus  yang  dipenggal beberapa ayat ini sudah memaparkan bagaimana ia harus mengalaminya. Namun, memang itulah kenyataan dalam pelayanan, bisa saja terjadi seperti  itu. Ada beberapa hal yang perlu disimak berkaitan dengan tantangan tersebut, jika direnungkan:
1.      Tanpa tantangan maka tidak mungkin menjadi saksi Kristus. Di dalam Alkitab kita banyak  ditulis bagaimana  orang yang hidup benar, akan menghadapi hambatan-hambatan yang tidak mudah dijalani. Namun, justru karena itulah riwayat hidup mereka ditulis di Alkitab untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang yang hidup kemudian.
2.      Dalam menghadapi  tantangan kuncinya bukan melawan dengan kekuatan sendiri, namun meminta kekuatan kepada Allah bukan untuk beberapa bulan ke depan, hanya meminta kekuatan hari ini. Demikian seterusnya.  Dalam Mazmur tertulis: “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya” (Mazmur 28:7).
3.      Serahkan apa yang terjadi di dalam  tanganNya tanpa merasa takut dan dan kuatir. Seperti yang dilakukan Paulus. “Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.(II Timotius 4:18).

Dari tulisan Paulus ini kita bisa belajar, bahwa pelayanan itu bukan milik kita. Pelayanan itu milik Tuhan dan untuk kemuliaan namaNya. Kita hanyalah alat milikNya yang mau atau tidak harus menurut  dan taat apa yang dikehendakinya. Jika kita menempatkan diri sebagai alat, maka segala pergumulan yang  ada akibat dari tantangan, kita serahkan kepada Tuhan.  Maka hati kita akan ringan. Biarlah Dia yang akan bertindak. 

TIDAK BISA DIPUNGKIRI BAHWA SETIAP PELAYANAN MESTI ADA TANTANGAN,  DAN UNTUK ITU MAKA SETIAP PELAYAN HARUS MENYIAPKAN HATI UNTUK  BERDEKATAN DENGAN TUHAN, KARENA HANYA KEKUATANNYA YANG MAMPU MENGATASI SETIAP TANTANGAN.

Comments

Popular posts from this blog

MERDEKA ATAU MATI

MERDEKA  ATAU MATI Kata yang menggetarkan dada ketika terjadi perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia  oleh para pejuang  adalah kata “ Merdeka atau mati”. Hanya ada satu pilihan pada waktu itu “merdeka atau mati”.  Dan kata itu sungguh menjadikan sarana membakar semangat juang yang tidak habis-habisnya. Mereka dengan senjata seadanya  berani terjun ke kancang peperangan dengan persenjataan  penjajah yang super canggih pada jamannya. Dan ternyata perjuangan yang membara itu tidak sia-sia. Kemerdekaan itu bisa diperoleh oleh bangsa Indonesia. Dan pernyatakan proklamasi adalah sebuah pernyataan yang  bergema di setiap dada bangsa Indonesia, apapun sukunya, apapun agamanya bahwa Indonesia sudah merdeka. Seorang veteran yang sudah tua bercerita dengan tersenyum sebuah kelucuan, ketika mendengar  bahwa Indonesia sudah merdeka dari penjajahan. Ada sebagian yang mengartikan merdeka itu dengan arti yang sangat sempit. Mereka mengartikan kalau naik kereta api , naik bus umum, tidak me

SENTUHAN KUASA KASIH: 1 KORINTUS 13

Salah satu pasal termasyhur dalam Alkitab jelas adalah 1 Korintus 13 -- "Pasal Kasih" yang terkenal itu. Di pasal ini, kita bisa melihat dengan jelas tiga bagian penting yang mengajarkan umat Tuhan dalam memahami kasih yang sejati: motivasi, karakter, dan kekekalan kualitas kasih. Motivasi Kasih (1 Korintus 13:1-3) Apa gunanya perbuatan besar dan dahsyat jika tidak ada kasih yang melatarbelakanginya. Banyak orang tidak akan setuju perlunya memeriksa motivasi dari apa yang kita sebut perbuatan baik. Banyak orang mengklaim bahwa karisma, pengetahuan, dan pengorbanan adalah sama dengan kasih. Tetapi masing-masing hal itu perlu diperiksa seperti seperti yang pasal ini sudah lakukan. Fasih Berbicara Walaupun seseorang sangat pandai berbicara, sopan, atau menghibur yang mendengarkan, tanpa kasih, dia akan menggunakan lidahnya untuk tujuan pribadinya. Meskipun ribuan orang akan terkesan, tergerak, dan tersentuh, namun perkataannya sama saja dengan bunyi gong. Dengan

Apa yang dicari orang ?

Apa yang kau cari orang ? uang Apa yang kau cari orang ? Uang Apa yang kau cari , siang , malam , pagi , petang? Uang , uang , uang , Bukan Tuhan Yesus Lagu sederhana tadi mengingatkan saya , dinyanyikan waktu kecil dalam kelas sekolah minggu Lagu yang mengingatkan saya, bahwa apa yang dicari orang , hanya melulu berkaitan dengan uang. Uang juga termasuk kekayaan , materi duniawi . Sangat berbeda dengan apa yang Tuhan cari .. Apa yang dicari Tuhan ? Saya Apa yang dicari Tuhan ? Saya apa yang dicari Tuhan, siang, malam, pagi petang ? Saya, saya, saya, orang yang berdosa. Sayalah yang dicari Tuhan, Anda dan saya yang dicari Tuhan. Lalu kemudian pertanyaan nya, adalah apakah kita tidak boleh mencari uang ? Sejarah membuktikan bahwa orang orang kaya , banyak yang mengalami kehancuran, karena kekeliruan dalam memandang dan memperlakukan kekayaan. Saya juga, tidak ingin seperti itu, menjadi kaya, tetapi kehilangan segala sesuatunya, istri tercerai, anak tercerai berai, ana