Skip to main content

BANGKIT DARI KEMATIAN? SULIT DIPERCAYA - Pudjianto

“Selamat paskah, kiranya melalui paskah ini memulihkah kehidupan kita dan menyegarkan iman kita untuk tetap setia kepada sang Juru selamat, walaupun badai kehidupan sering menerpa kita”.

BANGKIT DARI KEMATIAN? SULIT DIPERCAYA
Markus 16:1-8

Walaupun Tuhan Yesus sudah mengatakan berkali-kali kepada para murid bahwa Dia harus mengalami penganiayaan, mati, dan dibangkitkan namun ketika peristiwa itu terjadi  para murid itu bisa lupa akan apa yang dikatakanNya. Para wanita murid Tuhan Yesus itu dengan berani mau ke kubur Yesus, mau memberikan rempah-rempah kepada jasatnya sesuai dengan peradatan orang Yahudi. Namun  mereka teringat bahwa kubur Yesus itu di meterai dengan batu yang besar, “Siapakah yang akan menggulingkan batu untuk kita?”, sebenarnya pertanyaan demikian itu pertanyaan yang bodoh. Yang mengherankan justru orang-orang yang memusuhi Tuhan Yesus, mereka ingat perkataan Tuhan Yesus tersebut bahwa tiga hari setelah kematianNya akan bangkit. Dengan alasan supaya mayatnya tidak di curi para muridNya maka kubur itu di meteri dengan batu besar dan masih dijaga oleh prajurit.

Namun kuasa Allah memang tidak dibatasi oleh apapun yang dibuat oleh manusia. Siapapun tidak ada yang bisa menghalangi kuasaNya. Ia bangkit dan memang sudah tidak ada di dalam kubur. Jika batu itu sudah terguling ketika para wanita datang ke kubur, karena memang Tuhan ingin memperlihatkan bahwa benar-benar Dia tidak berada di dalam kubur. Dia sudah bangkit. Benar-benar sudah bangkit dan dikutakan dengan pemberitahuan malaikat yang berkata: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."(Markus 16:5-6).
Ketika mereka mendengar apa yang dikatakan malaikat barulah teringat apa yang pernah di katakan Tuhan. Mereka berlari dengan penuh sukacita namun juga kegentaran meliputi hati para wanita itu. Mereka ingin cepat-cepat  memberitahukan Petrus. Dan di situlah harapan yang selama hilang tumbuh kembali. Melalui kebangkitan itu memulihkan seluruh kekuatan para murid untuk menyaksikan keajaiban.  Sulit memang untuk mempercayai orang mati bisa bangkit. Namun, para murid menjadi yakin, karena mereka melihat bukti kebenaran itu.

Dari peristiwa itu kita belajar, bahwa memang sesuatu yang tidak masuk di akal itu sangat sulit dipercaya. Sebagian besar orang ingin seperti Thomas salah satu murid Tuhan Yesus. Jika tidak ada bukti, maka bagaimana bisa percaya. Namun Tuhan Yesus bersabda:”..Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."(Yohanes 20:29). Dalam perjalanan waktu yang panjang setelah kebangkitan, terbukti bahwa melalui iman kepada Tuhan Yesus ternyata jutaan orang diubah hidupnya. Mereka  yang jahat menjadi baik, mereka yang putusasa menjadi berpengharapan, mereka yang sakit menjadi sembuh. Dan bagi yang mengandalkanNya banyak menerima keajaiban dariNya. Itulah bukti nyata bahwa Dia hidup dan merupakan pintu masuk orang mendapat pemulihan hubungan persekutuan dengan Tuhan.

SATU SAJA DIBUTUHKAN UNTUK ORANG BISA DIUBAH HIDUPNYA MENJADI ORANG YANG DIPERKENAN ALLAH  YAITU PERCAYA KEPADA YESUS KRISTUS, KEMATIAN DAN KEBANGKITANNYA.

Comments

Popular posts from this blog

MERDEKA ATAU MATI

MERDEKA  ATAU MATI Kata yang menggetarkan dada ketika terjadi perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia  oleh para pejuang  adalah kata “ Merdeka atau mati”. Hanya ada satu pilihan pada waktu itu “merdeka atau mati”.  Dan kata itu sungguh menjadikan sarana membakar semangat juang yang tidak habis-habisnya. Mereka dengan senjata seadanya  berani terjun ke kancang peperangan dengan persenjataan  penjajah yang super canggih pada jamannya. Dan ternyata perjuangan yang membara itu tidak sia-sia. Kemerdekaan itu bisa diperoleh oleh bangsa Indonesia. Dan pernyatakan proklamasi adalah sebuah pernyataan yang  bergema di setiap dada bangsa Indonesia, apapun sukunya, apapun agamanya bahwa Indonesia sudah merdeka. Seorang veteran yang sudah tua bercerita dengan tersenyum sebuah kelucuan, ketika mendengar  bahwa Indonesia sudah merdeka dari penjajahan. Ada sebagian yang mengartikan merdeka itu dengan arti yang sangat sempit. Mereka mengartikan kalau naik kereta api , naik bus umum, tidak me

SENTUHAN KUASA KASIH: 1 KORINTUS 13

Salah satu pasal termasyhur dalam Alkitab jelas adalah 1 Korintus 13 -- "Pasal Kasih" yang terkenal itu. Di pasal ini, kita bisa melihat dengan jelas tiga bagian penting yang mengajarkan umat Tuhan dalam memahami kasih yang sejati: motivasi, karakter, dan kekekalan kualitas kasih. Motivasi Kasih (1 Korintus 13:1-3) Apa gunanya perbuatan besar dan dahsyat jika tidak ada kasih yang melatarbelakanginya. Banyak orang tidak akan setuju perlunya memeriksa motivasi dari apa yang kita sebut perbuatan baik. Banyak orang mengklaim bahwa karisma, pengetahuan, dan pengorbanan adalah sama dengan kasih. Tetapi masing-masing hal itu perlu diperiksa seperti seperti yang pasal ini sudah lakukan. Fasih Berbicara Walaupun seseorang sangat pandai berbicara, sopan, atau menghibur yang mendengarkan, tanpa kasih, dia akan menggunakan lidahnya untuk tujuan pribadinya. Meskipun ribuan orang akan terkesan, tergerak, dan tersentuh, namun perkataannya sama saja dengan bunyi gong. Dengan

Apa yang dicari orang ?

Apa yang kau cari orang ? uang Apa yang kau cari orang ? Uang Apa yang kau cari , siang , malam , pagi , petang? Uang , uang , uang , Bukan Tuhan Yesus Lagu sederhana tadi mengingatkan saya , dinyanyikan waktu kecil dalam kelas sekolah minggu Lagu yang mengingatkan saya, bahwa apa yang dicari orang , hanya melulu berkaitan dengan uang. Uang juga termasuk kekayaan , materi duniawi . Sangat berbeda dengan apa yang Tuhan cari .. Apa yang dicari Tuhan ? Saya Apa yang dicari Tuhan ? Saya apa yang dicari Tuhan, siang, malam, pagi petang ? Saya, saya, saya, orang yang berdosa. Sayalah yang dicari Tuhan, Anda dan saya yang dicari Tuhan. Lalu kemudian pertanyaan nya, adalah apakah kita tidak boleh mencari uang ? Sejarah membuktikan bahwa orang orang kaya , banyak yang mengalami kehancuran, karena kekeliruan dalam memandang dan memperlakukan kekayaan. Saya juga, tidak ingin seperti itu, menjadi kaya, tetapi kehilangan segala sesuatunya, istri tercerai, anak tercerai berai, ana